Kamis, 28 Mei 2015

Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen dan Sistem Informasi



Pernah mengalami kebingungan ketika ditanya mengenai pengertian Data atau Informasi atau yang lainnya? Tentunya hal yang akan terjadi ketika kita tidak bisa menjawab sesuatu pertanyaan adalah rasa penasaran sehingga pasti kita minta bantuan ke om google. Pernah seperti itu?
Kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan mengenai Pengertian dari Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen dan Sistem Informasi.

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi.. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Data)

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental. (http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi)

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem)

File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.
File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file. (http://www.pengertianku.net/2014/09/definisi-atau-pengertian-file-secara-jelas.html)

Dokumen adalah sebuah tulisan yang memuat informasi. Biasanya, dokumen ditulis di kertas dan informasinya ditulis memakai tinta baik memakai tangan ato memakai media elektronik (seperti printer). (http://id.wikipedia.org/wiki/Dokumen)

Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.


6 komentar:

  1. As-salāmu‘alaikum

    Saya mengucapkan terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  2. Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen Dan Sistem Informasi ~ Sarangnya Ilmu >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen Dan Sistem Informasi ~ Sarangnya Ilmu >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen Dan Sistem Informasi ~ Sarangnya Ilmu >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus
  3. Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen Dan Sistem Informasi ~ Sarangnya Ilmu >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen Dan Sistem Informasi ~ Sarangnya Ilmu >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Data, Informasi, Sistem, File, Dokumen Dan Sistem Informasi ~ Sarangnya Ilmu >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK mV

    BalasHapus

pasang

Followers

Translate