Kamis, 28 Mei 2015

Setting IP Address dan Sharing Data


Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
a)      KELAS A , pada kelas A 8 bit pertama adalah network Id, dan 24 bit selanjutnya adalah host Id, kelas A meiliki network Id dari 0 sampai 127.
b)      KELAS B , pada kelas B 16 bit pertama adalah network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah host Id, kelas B memiliki network id dari 128 sampai 191
c)       KELAS C, pada kelas C 24 bit pertama adalah network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah host Id, kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223
d)      KELAS D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255
e)      KELAS E,  memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.

Fungsi Utama IP Address :
Fungsi IP address adalah memberikan suatu identitas kepada host agar dikenali oleh jaringan. Seperti halnya rumah, maka IP address adalah alamat dari rumah tersebut yang digunakan sebagai sarana identitas terhadap lingkungan. Sehingga si A mau mengirimkan surat ke si B, maka surat tersebut dapat dipastikan tidak akan sampai ke si C.
IP Address disuatu network tidak boleh sama, badan yang berwenang menangani pengaturan IP Address adalah IANA(Internet Assigned Numbers Autority). Badan ini berhak memberikan pengaturan IP address, pada Linux dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara permanen dan cara tidak permanent.

Perbedaan IP statis dan IP dinamis :
IP statis yaitu IP yang dedicated dengan sebuah PC, computer atau perangkat networking lain (misal router).  Alamat IP statik adalah sebuah pemberian alamat IP yang tidak pernah berubah. Alamat IP statik penting karena server memakai alamat IP ini dan mungkin mempunyai pemetaan DNS menunjuk
kepada server tersebut, dan biasanya memberikan informasi kepada mesin lain (seperti email server, web
server, dll). Blok alamat IP statik mungkin diberi oleh ISP anda, baik dengan permintaan atau otomatis bergantung pada cara anda hubungan ke Internet.

IP dinamis yaitu IP yang didapatkan oleh computer/router lain dari sistem DHCP nya, IP yang didapatkan oleh PC ini bisa berubah-ubah. Alamat IP dinamik diberikan oleh ISP untuk node yang tidak permanen terhubung ke Internet, seperti komputer di rumah, komputer yang menggunakan sambungan dial-up. Alamat IP dinamik diberi secara otomatis menggunakan protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), atau Point-to-Point Protocol (PPP), bergantung pada tipe sambungan Internet. Node yang menggunakan DHCP terlebih dulu meminta alamat IP dari jaringan, dan otomatis mengkonfigurasi antar muka jaringannya. Alamat IP bisa diberi secara acak dari sebuah kumpulan alamat IP dari ISP anda, atau mungkin diberi menurut sebuah kebijakan.Alamat IP yang diberi oleh DHCP berlaku untuk waktu yang ditetapkan (dikenal sebagai waktu sewa / leased time). Node harus memperbarui sewa DHCP sebelum waktu sewa berakhir. Segera setelah memulai lagi, node mungkin menerima alamat IP yang sama atau yang berbeda dari kumpulanalamat IP yang tersedia.

Alamat IP dinamik cukup populer diantara Internet Servis Provider, karena memungkinkan mereka memakai lebih sedikit alamat IP daripada jumlah total pelanggan mereka. Mereka hanya memerlukan alamat bagi masing-masing pelanggan yang aktif di suatu saat. Alamat IP yang dapat di routing secara global membutuhkan biaya, dapat dihancurkan secara global IP berharga uang, dan beberapa authoritas untuk alokasi alamat (seperti RIPE, RIR dari Europa) sangat keras dalam penggunaan alamat IP untuk ISP.
Memberi alamat IP secara dinamik memungkinkan ISP untuk menghemat uang, dan mereka sering akan meminta tambahan yuang ke pelanggan yang meminta alamat IP statik.

Kita sudah mengetahu apa itu IP Address, kali ini kita akan melakukan setting IP Address lalu mengkoneksikan antara dua computer dan melukan sharing data.
Yang pertama kali diperhatikan adalah kita harus menyiapkan Kabel Jaringannya sebagai medianya sesudah itu sedikan dua buah laptop untuk melakukan pengkoneksian dan sharing data.

Berikut merupakan langkah langkahnya :

Buka Control Panel lalu Klik di Network and Internet Connections *disini saya menggunaan 1 PC menggunakan Xp dan satunya lagi Windows 7.


Setelah itu pilih Network Connection.

 
Lalu klik kanan di Local Area Connection, dan pilih Properties.
 

Maka akan tampil tampilan seperti ini, lalu pilih Internet Protocol Version 4 dan klik Properties. 
 
 

Kemudian pilih Use the following IP address untuk menulis secara manual IP address, dan ketikan IP address sesuai keinginan dan kebutuhan dan klik OK.
 
 
 
Maka tampilan Local Area Connectionnya akan berubah seperti ini..
 

Lakukan hal serupa di pc yang lainnya. 

Kemudian ke Run lalu ketikan CMD.


Maka akan muncul tampilan seperti ini.
 

Untuk mengetes koneksi antar PC maka ketikan ping 192.168.1.3. Jika tampil tampilan seperti dibawah ini maka menandakan bahwa sudah ada koneksi antar PC.

 
Kali ini kita akan melakukan sharing data, kali ini saya akan mensharing kan folder yang bernama Sharing. Klik kanan di Folder Sharing lalu pilih Properties.
 

 Kemudian pilih Sharing, lalu centang Share this folder on the network dan Allow network users to change my files. Jika hanya untuk read maka Allow network users to change my files tidak usah di centang.


Kemudian Klik Ok dan foldernya akan berubah tampilannya itu menandakan bahwa foldernya telah di sharing.



Di PC lainnya kita ketikan IP PC yang telah mensharingkan folder tersebut caranya \\ IP PCnya contohnya \\192.168.1.2




Kemudian akan muncul seperti ini, di Clientnya atau di PC lainnya akan muncul folder yang telah disharing dan kita dapat mengakses data tersebut.

 

Selamat Mencobaa :D




2 komentar:

pasang

Followers

Translate