Rabu, 04 Juli 2012

Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan








Sebentar lagi kan kita akan menyambut Bulan Suci Ramadhan , oleh karena itu saya akan berbagi informasi mengenai Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan.
 
1. Mendidik kita supaya mempunyai perilaku yang luhur dan dapat mengontrol seluruh nafsu dalam keinginan dari biasanya.
2. Mendidik jiwa agar terbiasa dan dapat menguasai diri, sehingga mudah menjalankan semua kebaikan dan meninggalkan semua larangan.
3. Membiasakan kita agar berlaku sabar dan tahan uji.
4. Mendidik jiwa agar dapat memegang amanah sebaik baiknya, karena orang yang berpuasa sudah teruji menahan tidak makan dan tidak minum serta hal-hal yang membatalkannya.
5. Untuk mendidik kita agar tidak mudah terpengaruh dalam kemaksiatan karena sudah teruji menahan nafsu yang menjerumuskan le lembah maksiat.
6. Dari segi kesehatan, banyak para ahli kesehatan mengatakan bahwa puasa akan membuat badan kita menjadi sehat, terutama bagi yang menjalankan diet, maka dengan berpuasa akan lebih baik dietnya.
7. Untuk menambah rasa syukur kepada Allah SWT atas Rahmat dan Karunia yang telah diberikan kepada kita.
8. Menanamkan rasa cinta kasih sesama manusia, terutama terhadap orang-orang miskin dan menderita kelaparan. Dengan berpuasa, kita dapat merasakan nasib orang-orang miskin yang sengsara dan kelaparan sehingga kita memiliki rasa cinta kasih terhadap sesama dan lebih bersyukur kepada Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

pasang

Followers

Translate